Ritual Adat di IKN, Bawa Air dari Balong Keramat Darmaloka Kuningan dan Tanah Situs Cangkuang

Ritual Adat di IKN, Bawa Air dari Balong Keramat Darmaloka Kuningan dan Tanah Situs Cangkuang

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Ritual adat di IKN Nusantara, turut diikuti dengan penyatuan tanah dan air dari berbagai daerah di Indonesia.

Ritual adat di IKN itu, juga diikuti pengiriman tanah dan air dari wilayah III Cirebon. Tak terkecuali Kabupaten Kuningan.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Inkom Kuningan, Anwar Nasihin mengatakan, tanah dan air dari Kabupeten Kuningan juga diikutkan dalam ritual adat di IKN.

Adapun air keramat diambil dari Balong Keramat Darmaloka sebanyak 1,5 liter. Sementara tanah keramat diambil dari Situs Cangkuang sebanyak 1 kg.

Baca juga:

Pengirim tanah dan air keramat itu adalah Tia Suntia yang merupakan Juru Pelihara Situs Cangkuang dan Unang Bunangsih Juru Pelihara Sibubur Cibuntu Pasawahan.

Tanah dan air itu dikirimkan dari Kabupaten Kuningan mulai hari Jumat (11/3/2022). Dan sudah diterima Gubernur Jawa Barat, Minggu (13/3/2022), sebelum dibawa ke IKN Nusantara.

Jawa Barat berhasil menghimpun tanah dan air dari 27 kabupaten/kota untuk kemudian dijadikan bagian dari pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: